Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung (07/08/2024) – Desa Gunung Gempol merupakan salah satu dari 13 desa yang ada di Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung. Di desa ini memiliki 13 Industri Kecil dan Menengah (IKM) milik warga yang masih berkembang. IKM ini tidak hanya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan melestarikan budaya lokal. Namun, untuk meningkatkan daya saing dan menjangkau pasar yang lebih luas, IKM desa perlu menerapkan strategi branding dan promosi yang efektif.
Salah satu cara untuk menerapkan branding dan promosi melalui media sosial, yaitu instagram. Instagram, sebagai platform media sosial yang visual dan interaktif, telah menjadi alat penting dalam strategi pemasaran digital. Untuk IKM, Instagram tidak hanya membantu dalam branding tetapi juga memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.
Mahasiswa TIM II Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro melaksanakan aksi pemberdayaan untuk Industri Kecil Menengah (IKM) Desa Gunung Gempol, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung yang bertema yang bertema “Mendukung Kewirausahaan Lokal melalui Pemberdayaan IKM”. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 07 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB bertempat di Museum Kridotomo Amukti Desa yang diikuti oleh 11 IKM dari 13 IKM yang ada di Desa Gunung Gempol.
Mahasiswa TIM II KKN memberikan edukasi terkait branding dan promosi melalui media sosial yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran IKM tentang pentingnya hal tersebut dalam mendukung bisnis. Kegiatan ini juga membekali IKM dengan pemahaman yang lebih baik tentang konsep branding dan promosi. Selain itu, mahasiswa TIM II KKN juga membuatkan instagram khusus untuk seluruh IKM yang ada di Desa Gunung Gempol sebagai media untuk meningkatkan branding dan promosi dengan jangkauan yang lebih luas. Instagram ini akan dipegang oleh admin dari karang taruna desa untuk koordinasi dengan para pelaku usaha. Kelebihan dari instagram ini calon pembeli dapat terhubung langsung dengan penjual tanpa adanya perantara. Instagram dapat diakses pada link https://www.instagram.com/umkmgugem.
Melalui aksi pemberdayaan untuk IKM diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan branding dan memperluas jangkauan promosi melalui platform instagram. Dengan menentukan identitas merek yang kuat, memanfaatkan konten visual berkualitas tinggi, dan menerapkan teknik promosi yang inovatif, IKM dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk mereka. Meskipun ada tantangan, solusi yang strategis dan kreatif dapat membantu IKM desa memanfaatkan potensi Instagram untuk mencapai keberhasilan dalam pasar digital yang semakin kompetitif.
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook